cursor

Rabu, 26 Oktober 2016

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT LUBANG KANCING



Teknik pembuatan lubang kancing - Lubang kancing passepoille sering disebut juga lubang kancing paspoal atau lubang kancing bobok atau dalam bahasa Inggrisnya dinamakan bound buttonholes. Tak semua jenis busana direkomendasikan menggunakan lubang kancing ini. Baju-baju jenis tertentu, misal seperti blazer, vest/rompi batik, atau baju-baju formal lainnya. Keunggulan lubang kancing ini adalah, selain berfungsi sebagai lubang kancing dan terlihat rapi atau bagus, lubang kancing ini juga bisa diposisikan sebagai aksen pada baju. Lubang kancing ini digunakan juga pada busana yang terbuat dari bahan-bahan yang agak tebal seperti polyester, wool atau bahan campuran. Jika digunakan untuk aksen, biasanya pembuatan lubang kancing ini menggunakan kain kombinasi (yang berbeda warna dengan bahan baju, namun masih serasi). Lebar bis lobang kancing berkisar antara 0,4-0,5 cm, bis dibuat dari bahan yang sama dengan memakai bahan yang digunting serong.

Lubang Kancing Paspoal
 Lubang Kancing Paspoal

Proses pembuatan lubang kancing ini memang cukup rumit dan memakan waktu, caranya mirip dengan membuat saku paspoal, hanya media yang dibuat jauh lebih kecil, sehingga lebih rumit. Perbandingan waktu yang dipakai untuk membuat lubang kancing paspoal dengan membuat lubang kancing biasa sekitar 1 berbanding 10-20, tergantung kemahiran yang membuat lubang kancing paspoal). Dikarenakan proses pembuatannya yang jauh lebih lama dari lubang kancing biasa, maka biaya jahit baju yang lubang kancingnya menggunakan lubang kancing paspoal, maka biaya jahitnya bisa bertambah.

Cara Membuat Lubang Kancing Paspoal
Cara Membuat Lubang Kancing Paspoal


Teknik menjahit lubang kancing paspoal yaitu sebagai berikut, beri tandai lubang kancing paspoal pada bagian buruk blus diberi viselin dengan ukuran panjang 3 cm dan lebar 2 cm. Dempetkan kumai serong (kain yang digunting dengan arah serong atau diagonal dengan cara melipat bahan atau kain dengan sudut 45 derjat) tepat di atas tanda dengan posisi bagian baik pakaian ke atas, dempetkan kumai serong bagian baik menghadap bagian baik busana sesuai dengan ukuran panjang lubang kancing (garis tengah kancing).

Tanda pada Lubang Kancing
 Tanda pada Lubang Kancing

Pindahkan tanda panjang dan lebar lobang kancing kebahan busana. Jelujur dan jahit mesin sisi sebelah atas dan sisi sebelah bawah belahan.

Cara Menjahit
 Cara Menjahit


Gunting garis tengah belahan dengan cara menggunting garis-garis tengah mulai dari tengah sampai 0,8 cm sebelum ujung sampai kedua ujung dan dari sini di gunting arah diagonal menuju sudut.

Gunting Menyudut
 Gunting Menyudut

Balikkan bis kebahagian dalam pakaian dan rapikan lebar bis, lalu rapatkan belahan dengan tusuk balut.

Membalik Jahitan Lubang Kancing Paspoal
 Membalik Jahitan Lubang Kancing Paspoal

Jahitkan guntingan sudut segitiga pada bagian dalam pakaian lalu di stik mesin garis lebar bis pada kedua sisinya dari bagian luar pakaian.

Menjahit Kancing Paspoal
 Menjahit Kancing Paspoal

Gunting celahan pada lapisan belahan bagian dalam pakaian sama lebar dengan lebar lobang kancing, kemudian jahit dengan tusuk balut.

Jahit dengan Tusuk Balut
 Jahit dengan Tusuk Balut

Satukan lubang kancing paspoal bahan utama dan lubang pada lapisan dengan tusuk soom.

Hasil Jahitan Kancing Paspoal
Hasil Jahitan Kancing Paspoal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar